Langsung ke konten utama

Review: Pengalaman di Global English Kampung Pare Kediri

Halooo teman-temaaaan!
Kali ini, aku mau cerita tentang liburan semesteranku yang super fun dan edukatif bangeeet. Pokoknya liburan kali ini adalah liburan ter-luar-biasa buatku di sepanjang puluhan liburan yang sudah dilewati *halah* 

Jadi gini... Berawal dari duit beasiswa yang kuhamburkan untuk beli ini itu.__. terus aku berpikir "udah nih, duit buat beli barang aja? gak buat something useful gitu?" Tengterengtereng..... Akhirnya berkat pencerahan dan cahaya dari sang ayahanda.... Anak berbadan bongsor ini memutuskan untuk pergi mencari kitab suci--eh, mencari ilmu maksudnya di Kampung Inggris alias Kampung Pare di Kediri. 

Kenapa aku pengen ke Kampung Inggris? Jawabannya... YA KARENA AKU PENGEN PINTER DIKIT GITU IN ENGLISH :' hiks. Sedih gak sih, wawancara sekolah pramugari ditolak gara-gara bahasa Inggrisku yang super-medok ke-cilacapan gitu? HIKS...

Langsung aja yaaah....

Di pare, pembelajaran selalu dimulai tanggal 10 dan 25 di tiap bulannya. Dan aku memilih tanggal 10 Januari 2016. Tadinya mau 25 Des, tapi itu kan Natal hiks--padahal pas Natal gitu banyak bule-bule loooh katanya. Tapi no prob lah, tetep jalan. WKWK. Aku daftar melalui situsnya, jadi online gitu. Sebenernya bisa sih daftar langsung ke tempatnya, sekalian survey mau masuk ke lembaga apa--mengingat di Pare ada ratusan lembaga. Tapi aku parno dan takut gak kebagian kuota. Jadi aku dengan sotoy daftar online deh :))) 

Setelah pencarian.. Browsing. Cari review. Dan segala bentuk pertapaan... HAHA. Akhirnya... Aku memilih lembaga Global-E! Gatau kenapa pilih itu. Kayak ada feel bakal super-menyenangkan aja di sana. Aku pilih paket les+camp. Dan untuk programnya... Aku gak tau. Karena Global-E ada placement test dulu, jadi kita di tes kemampuan kita, trs kira-kira cocok di program apa level berapa. Gitu :3

OHYA. Btw ada banyak lembaga andalan di Pare. Di antaranya: The Daffodils (ini top banget speakingnya) , Mr. Bob , Global-E , Marvelous, Kresna, English Studio, Mahesa (ini satu-satunya lembaga yg kayak sekolah, soalnya diakreditasi hahaha) , Basic English (ini satu-satunya lembaga yg lumayan formal, karena pake seragam dikala lembaga lain pake baju bebas) , Brillian English Course, Elfast,  daaaan masih super banyak lagi. Kalau mau tau, cek aja gih, jalan-jalan ke Pare sampai bingung mo pilih yg mana :p 
.
.

HARI PERTAMAAAA! (Sabtu)
Tanggal 9 Januari 2016, hari Sabtu... Aku berangkat naik kereta dari stasiun Kroya jam 3 pagiii. Hiks ngantuk.. Sebenernya kasihan sama bapakku yang nganter. Tapi beliau bilang "demi anak wadon yang mau menuntut ilmu" .___. Aku naik kereta Kahuripan. Dan di kereta itu, 50% penumpang adalah calon-calon siswa yang mau belajar di Pare juga yihiyyy! Jadi euforianya udah kerasa bangeeet! Ah ya, aku berangkat sama temanku, Shafa, tapi dia naik dari Jogja, dan dia ambil lembaga Marvelous, gak bareng aku .__. Aku sampai Kediri sekitar jam 9 gitu deh. Sabtu pagi udah sampe Kediri :" terus dr stasiun sampai Pare, aku naik jasa penjemputan dari Eureka yang aku pesan sepaket dengan daftar online itu. Dan sekitar jam setengah 10-an, aku udah sampai Kampung Pare.

Rasanya... Grogi banget. Aku kan pisah sama Shafa. Dia ke Marvelous dan aku diturunin di depan office lembagaku, Global-E. Aku takut, grogi, sedih, soalnya aku gak kenal siapa-siapa. It means that... aku sebatang kara._. WKWK. Pas aku sampai sana... Sumpah, di office ramaiiii banget. Rame anak-anak yang daftar, ada juga yang daftar ulang dari periode sebelumnya, ada juga anak dari periode sebelumnya yang udah mau pulang. Pokoknya, office kayak lautan manusia.__. 

(ini aku ambil dari Google yah, aku pas itu mau foto tapi batre low hiks padahal pas itu super ramai.__.)

Karena aku anaknya super SKSD alias sok kenal sok dekaaat... Dalam waktu beberapa menit, aku udah kenalan dengan... eng... mungkin sepuluh anak? Wkwk biar gak terlalu bingung ngantri di office, dan biar ada teman ngobroool.

Di office, aku dan rombongan lainnya melakukan placement-test .___. diwawancara gituuu. terus Miss Rindu nyaranin aku masuk Speaking 1 wkwk dasar bgt ya :' , terus pronunciation 1 buat menghilangkan logat jawa alias logat cilacapku in English , terus sama vocab 2! Yey!

Setelah itu, aku pilih camp. Aku dan mba pipit memutuskan untuk tinggal di Camp Meteora alias Female 4! 

HAHAHA btw masalah camp... GE tuh terkenal camp nya rapi dan bersih, juga banyak. Ada female 1-female 5 apa ya? Terus buat cowok ada male 1-male 8 kalo gak salah juga :p pokoknya waktu aku dateng, camp cewek yang paling fenomenal tuh BSK (itu camp elit dan harus nambah 150 ribu._. ) dan camp Meteora alias campku juga fenomenal. Karena katanya banyak anak cantiknya wkwkw berarti aku cantik ya? :' hueks. Kalau cowo... yang paling fenomenal tuh SAIGOOOON! Apa-apa Saigon :' tp ya emang sih, i must admit jika Saigon mengandung so manyyy anak-anak tampan :))))

Habis pilih camp, aku sama Mba Pipit cari sepeda. Btw di sana kebanyakan naik sepedaaa. Jadi suasana belajarnya tuh dapet banget :' aku sampe terharu hiks... masih ada ya suasana seindah itu? :' Aku dapet sepeda, kukasih nama si ijo-butut. Aku sewa 2 minggu dengan harga 60rb. Sialaan-_- setelah aku survey ternyata tu mahal bgt. Hiks. Aku belum tau sih, jadi aku asal ambil aja, mana sepeda yang kusewa bututnya naudzubillah... Jadi, pintar-pintarlah kalian memilih sepeda ya.. Jangan asal kayak aku :' banyak bangeeet yg bagus kok. cuma aku keburu-buru dan udah lopelope sama warna ijonya aja. WKWK. 

Habis sewa sepeda... Aku ke camp Meteora! Bagus! Bersih! Rapi! Recomended bgt deeeh. :))) Tadinya aku mau ambil BSK yg elit dan nambah 150 rb itu krn kupikir camp lain jorok. Tp ternyata... Huh untung aku gak jadi ngeluarin 150rb. Untung aku tetep stay di Meteora:)) terus Miss Tina--alias tutor di campku, kasih aku kamar di atas, kamar no 14. Aku sekamar bareng Mbak Vivin dari Madura dan Mbak Tika dari Jakarta! Btw... Kita gak boleh sekamar sama yg udah akrab sama kita. Jd biar kita membaur gitu loh.


ini fotoku sama roomate ku! aku, mbak tika, lalu mbak vivin! yey!

Habis itu... Aku sibuk kenalan sana-sini sama temen camp... Dan terus, aku istirahat sampai malem.. Malemnya, aku makan bareng teman-teman baru dan Miss Tina. Kita makan di warung Stigma! Murah! Pokoknya semua makanan di Pare tuh murah banget. Aku cinta Pare!! 

Abis itu pulangnya aku mampir beli susu mbok Darmi rasa greentea (wkwk penting bgt ya:') . Abis itu ke camp. Cuci kaki. Bobok. 
.

Hari Kedua (Minggu)
Udah hari kedua.. HMM.. aku pas bangun tidur sedih "loh aku gak di rumah ya?" gitu hiks... bangun-bangun, aku langsung ke kamar temenku, terus ngobrool panjang.. terus gatau kenapa, aku pengen ke kamar sebelahku soalnya aku belum ketemu, karena mungkin anak kamar sebelah baru dtg malem pas aku udah tidur.__.

terus aku ke kamar sebelahku. kamar no 15 dan 16. dan... di sana aku bertemu kelima manusia yang menjadi soulmate alias belahan jiwaku selama di pare! ada putri dari surabaya, nana dari surabaya juga, ka anay alias kanay dari depok, ka sofi dari bandung, dan kak rika alias karika dari jambiiii! kita bikin grup alias geng... namanya Meteora Ngapak... Mungkin karena mereka terlalu excited dgn bahasa cilacapan alias ngapakku ini :'''

mumpung minggu...

kita memutuskan untuk mencicipi makanan fenomenal di kampung pare. KETAN SUSU! siapa sih yg gatau ketan susu di pare? wkwkw akhirnya dengan mengayuh sepeda... kita panas-panasan mencari ketan susu. jalannya harus melewati sawah, menantang terik... ya, demi sarapan ketan susu :")

tuuuh penampakan ketan susunya. fenomenal. cuma 3500 :3

nggg...
terus gatau gimana... padahal kita baru kenal ya.... kita udah merencanakan jalan-jalan ke Kediri. akhirnya... setelah mengetan-susu... kita ke Kediri. kita keliling ke tempat-tempat hits Kediri, kayak Gereja Merah, alun-alunnya, sama ke Gumul (ini Gumul hits banget, kayak Paris gituuuu, kalian harus googling Simpang Lima Gumul Kediri) !

(di depan gereja meraaaah. tadinya mau masuk, cuma ternyata ada kebaktian :' )


(ini di alun-alun apa taman kota gt, aku lupa. pokoknya di deket gereja meraah)



(kalau ini di Gumul... fotonya kurang jelas, soalnya pas itu ujan deres jd gak sempet foto-foto ._. sedih)


(taraaa, tuh di belakang keliatan gereja merah)


(pipin in action ._. wkwk itu akuu)


(kanay-putri-nana-mbasofi-pipin) yey. :'3


(ini soto kediri, fenomenal dan muraah. cuma 5ribu apaya kl ga salah, pokoknya murah bgt dan enak._. antik sotonya, karena kita masuk-masukin togenya sendiri hahaha)

yaaa pokoknya gitu perjalanan hari keduaku, hari Minggu! kita puas-puasin dulu karena esoknya otak kita bakalan di peras untuk pelajaran demi pelajaran. :)
.
.
Hari Ketigaaa alias Hari Senin.

Nahhh! Pagi ini... Kita beraksi! pagi-pagi setelah sarapan di bu sarapan yang lewat depan camp ((aku sksd sama semuanya, sampe bu sarapan jd hafal sama aku, karena dia punya sodara di cilacap juga._. ha. penting bgt ya diceritain wkwk)). 

kita pagi-pagi nyepeda ke office GE buat liat jadwal. di jalan, my butut bike rantainya copot hiks. jadi aku dan putri harus ke bengkel sewaan dulu buat betulin. yah, padahal aku udah cantik dandan, eeeh malah rantai copot :' akakakakak good. abis itu... aku dan teman-teman cari nama kita di papan GE. sumpah, rameee bgt. sumpek kayak orang mau tawuran hahaha. aku sampe depresi dan duduk nunggu lamaaaa bgt sampe lumayan sepi. terus aku liat jadwalku.... 

aku kedapatan vocab 2 jam 07.00 di camp male-7. dan good... aku harus bolos di hari pertama karena desak-desakan yang membuatku depresi dan menunggu lama :) terus aku dapat pronun 1 di jam 08.30 di kelas UK (itu outdoor dan asik bgt, bentukannya kayak gazebo gitu) , abis itu lanjut speaking 1 jam 10.00 di UK jugaaa, cuma beda bilik. HEHE. asik bgt sungguh :") hari pertama masih perkenalan ajaaa, asik kok! bangeeet! hihi.

oyaa, aku sama para soulmate Meteora Ngapak gak ada yang sekelas wkwk. putri gitu kelasnya di male-8 dan pare corner. nana kelasnya di belakang office. dll gitu, kita menyebar hoho. 

Siangnya, kita makan di warung yang jadi favorit kitaaa. WAKAPO! Yey, itu di jalan anyelir hahaha pokoknya dkt banget sama camp ku. Cuma beberapa langkah. Dan murah bgt yes! Masa aku ambil nasi buanyaaak kek kuli, bakwan jagung 2, sama sayur 2 macem, dan air kayak aqua gelas gitu... totalnya cuma 5500. Ya ampun... Hiks terharu aku... Murah dan enak :' pilihan sayurnya banyaaak. 

Terus malemnya, kan ada night club tuh di camp (jadi kalau kalian di camp, ada aturan yg mengikat. kalau gak mau ada aturan dan pengen bebas, kalian bisa cari kos di daerah pare, banyak bgt kok)... Dan di night club tuh dibacain dan dijelasin semua aturan yang ada di camp. Misal: jam 10 malem, pagar sudah dikunci--jadi kalau lebih dari itu, ya bobok luar aja hikhik.. terus.... CAMP adalah ENGLISH AREA. HIKS... Jadi tiap bangun tidur sampai jam 10 malam, kita wajib pakai bahasa inggris di camp. Dan kalian tau, aku sering mendapat punishment karena kelepasan atau ketahuan pakai indonesia. ha. ha :)))))

Hari Keempat alias Hari Selasa

Yaaa, semua berjalan sama aja sih. Tapi tetep spesial. HAHA. nanti mengenai kelas dll-nya, aku akan jelaskan di bawaaah ya!

Hari Kelima alias Hari Rabu

Waaaaa... Ini spesial banget nih! HAHAHA aku jelasin topik spesialnya aja yaaah. 

Di hari Rabu, Global English selalu ngadain gathering!!! Jadi, semua camp dikumpulin gitu HAHAHA terus nanti cewe-cowo di pasang-pasangin gitu. Yaaa, aku dan gengku berharap kita bakal pasangan sama anak Saigon. :"  *lah. Nahh, kita kan udah pada dandan gitu kaaan, pokoknya kudu cantik hahaha. terus beneraaan, pas gathering--dimana suasananya ruamaaaaiiii bangeeetz--hahaha, campku alias Meteora, dipasangin sama Saigon! HAHAHA aku ada cerita lucu, nanti aku ceritain di akhir deh! Gatheringnya berkesan. Kan suruh debat sama pasangan kita pakai bahasa inggris tentang produk domestik atau produk luar negeri yang kita sukai, tapi aku sama pasangan debatku malah pake indonesia dan ngobrol out of topic hahaha obrolan kita kemana-mana. Ini dia pasangan gatheringku, yang sampai setelah gathering kamipun masih akrab, namanya Lalu! Karena lebih tua, aku panggilnya mas Lalu! Dia baik, kayak kakaku sendiri!




Hari Keenam alias Hari Kamiiis

Yang spesial di hari ini apa ya... aku lupa-_- oyaaa! malemnya, kita ada acara. jadi yang muslim pada yasinan atau tahlilan gitu aku gak paham wkwk.. yg non-muslim, kita ke gereja naik sepeda yang jaraknya super jauh, sekitar 4km gitu buseeeet :' gapapa gapapa..... hahaha.. 

Habis ibadah gitu, kita balik ke camp dan ada penghitungan punishment buat siapa yang ngelanggar ngomong pakai b indo, terus siapa yang telat bangun di program pagi, siapa yang bolos, blablabla gitu hahaha. Oh ya, jadi di masing-masing kamar, ada yang kebagian jadi 'spy' alias pemata-mata... Tapi... namanya sekamar... Mau spy kayak gimana, juga kita malah sekongkol biar kita sama-sama gak dapet punishment. WAKAKAKA rindu roomate ku, sangat :(

Hari Ketujuh alias Hari Jumat

Di Jumat minggu pertama, ada middle-test gitu. Jadi pas itu, di kelas vocab 2, middle test nya kayak suruh ngartiin... tp sulit hahaha dan gak munafik, aku sedikit mencontek :""" terus di pronoun 1, kita middle nya suruh ngucapin kata-kata dengan nada yang sudah di ajarkan--ya lumayan lah, bahasa ngapak di englishku lumayan berkurang hahahaha. terus di speaking 1, middle nya pas itu suruh speech dan bikin sendiri--bisa ttg technology, proverty, dan natural-resources haha aku pilih yg technology.

Habis middle test, aku sama gengku di kelas ''GE-srek" hahah, kita ngerayain dengan makan-makaaan. Jadi nih, di camp aku punya geng, namanya Meteora Ngapak, terus di kelas aku jg punyaaa namanya GE-srek, itu terbentuk karena kita berdelapan sekelas terus selama 3 program. Kita makan di pare corneeer! Kayak cafe hits gitu di kampung pare haha gpp deh sekali-kali. Dibayarin mbatiwi karena dia ultah uyeeey! ultah terus aja ya mbatiwww :p

(aku-mba dessy-mba elyn-mascoco-fajar-masjon-mbatiwi. haha aku paling muda dan paling gatau malu, paling childish, jd aku paling dibully tp aku juga paling disayang.... ha.)


Sorenya, aku sama temen-temenku sepedaan ke kilisuciii. Itu kyk alun-alun pare gituuu.
(mas das, mas zaff, mba tria, mba feb, karika, putri, akuuu hahaha)

Hari Kedelapan alias Hari Sabtu

Hari ini free! Libur! Weekend!

Hahaha tp tetep ajaaa, program pagi diganti 'kerja-bakti' camp. Aku sama mbanina kebagian bersihin tangga akakakak seneng, soalnya gampang. Terus kan ada tugas bersihin parkiran dan natain sepeda yaaa, nah kalo yg sepedanya dikunci ntar digembesin:( punya temen2ku banyak yg digembesin krn mereka gak denger waktu pengumuman sepeda harus dibuka kunciiinya. 

Habis bersih-bersih, aku sama geng Meteora Ngapak liburaaaan! Kita ke Malaaaang yey! Kita ke museum angkut, ke alun-alun batu makan ketan susu legenda dan susu KUD yg hits hahaha. Niiih...

(kitaaaa! lope banget sama merekaaa)


(kolaborasi antara Jokowi dan Princess Syahrini. Lihat kotak-kotak dan bunga-bunga hahaha)


(skubidubiduweraryuuuu)


(kita sok candid tp unyu yah :p )


(me as a penjual sate)


 (namasteeeee)

Kita pulang sampe camp jam 11 gitu. Telat. Untung kita udah ijin Miss Tina, jd masih bisa masuk he-he-he... 

Hari Kesembilan alias Hari Minggu

Aku dan teman-temanku terlalu lelah tuk beraktivitas hiks, kecapekaan. Jadi waktu anak camp ajak ke Kelud, aku gakmauuu :( capek hahaha pdhl pengen.

Akhirnya, aku dikasih ini niiih sama Mbak Vivin, my luvliromet hahaha.

( pasti aku kesana, mbakkk... entah kapan tp :p hahaha btw thanksss~)




SKIP aja ya....
.
.
.
.
Intinya itu minggu pertamakuuu. Dan untuk minggu kedua, gak jauh berbeda kok. Tetap berkesan dan menyenangkan--bikin aku pengen nambah periode lagi--tapi karena ada KRS jadi, ah aku memang harus pulang :( 

Aku mau jelasin tentang Camp, Kelas, Warung Makan, Laundry, dan segala fasilitas yang kalian pertanyakan di benak kalian. Pasti kalian mikir 'duh, susah gak ya hidup di pare?' hahaha makanya... aku jelasin niiih!

Tentang Tempat Tinggal

Nah, jika kalian sudah memilih lembaga... Kalian harus mikir mau tinggal dimanaa. Gak mungkin kan selama periode itu kalian tidur ngemper di depan office lembaga kalian? 

Kalian bisa memilih paket les+camp--di semua lembaga menyediakan itu kok! jadi kalian gak perlu pusink-pusink mikirin tempat tinggal lagi.. Keunggulan tinggal di camp: kita dapet banyak banget temen baru, dapat pengalaman baru, dan... tinggal di camp tuh efektif banget buat ngelatih skill speaking kalian--karena di camp itu English Area dan ada tutor yang mengawasi. Hehe asik kan? Aku saranin sih pilih paket les camp ajaah! Cuma kekurangannya ya itu: kita gabisa bebas ngomong--kecuali kalo diem-diem kayak aku :p , sama ada jam malaaam. Tapi karena aku anak baik dan bukan anak malam, jadi aku sih enjoy banget di camp :p *halah.

Nah bagi kalian yang malesss dengan aturan-aturan... Kalian bisa cari alternatif lain, yaitu kos! Di pare banyak banget kos kok, santai ae. Temenku dapet 150rb buat 2 minggu. Ada juga yang 100rb buat 2 minggu hahaha kurang murah apa coba? :D nahh temen-temenku yang pilih kos, alasannya karena mereka males dengan peraturan, dan mereka pengen jalan-jalan eksplore kediri blablabla jd mereka gakmau terikat jam malem -_-

Kalian pilih mana niiih? :D

(camp GE. ini aku ambil di google yah. aku adanya video di camp, gaada potonya._.)



Warung Makan dan Laundry

Wahhh, gausah khawatir. warung makan tersebar dimana-mana, dan muraaah bgt. hahaha. andalan anak-anak Brawijaya-Anyelir biasanya Wakapo, Lazada, Stigma, dan banyak lagii. Btw kalian gak akan asing sama jalan Anyelir, jl Brawijaya, Jl Mawar, Jl Dahlia kalo kalian udah jadi penghuni kampung inggris :p ada juga ketan susu, terus burger, roti bakar, martabak, sate, dll super buanyaaaak dan murah semua. HAHA. sekali-kali kalo kalian mau hedon, kalian bisa ke Tongkis dan Pare corner caffe--tapi itupun itungannya murah banget ._. hiks sumpah gatau lg, di pare pokoknya makanan kayak surga. terus d\ada Ngaropi--itu tempat ngopi yg hits dan selalu ramai. dan banyaaak lg, jd kalian gakperlu takut kelaparan :p yg perlu diwaspadakan adalaaah, berat bertambah karena makan terus ._____.






Hahahaha tp dari semua itu, aku paling cinta sama Wakapo, soalnya murah banget, enak, pilihan banyaaak. ya ala-ala warteg gitu tp asiiik dan dekat dgn camp :D

Naaah... 

Tentang laudry nih... Bertebaran dimana-mana sungguhdeeeh. di belakang campku ada laundry, di belokan ada laundry, lalalalala pokoknya nyari laundry gak sesusah cari jodoh hahaha. Perkilonya 3000-4000an. Kalau teman-temanku pake jasa antar jemput laundry dan cmn 3rb perkilo, kan asik mereka tinggal sms terus bapaknya datang dan menunggu sehari lalu laundrynya diantar. sip kan? :D kalau aku pernah beberapa kali laundry, tapi makin hari aku makin bahagia nyuci sendiri karena pare super-panas jd cepat kering, dannnn aku berhemat jd aku nyuci :'))

Intinya: u can get everything easily in Pare :p

Tempat Ibadah, Kolam Renang, Fitnes, Toko Buku, dan Minimarket

Gausah khawatiiir. Banyak masjid kalau buat yang muslim. terus buat yang non-muslim, ada gereja juga kok. ada gereja kristen dan gereja katholik yang letaknya memang hmmmm cukup membuat sepeda dan kaki pegal :))))

Ada juga kolam renang kok, aku aja berenang kemaren hahaha :D ada juga tempat gym, toko buku dll. toko bukunya murah bgt lagi. masa aku beli kamus oxford, harganya 12.500 doang wkwkw murah kan yaaa:")



Minimarket juga ada banyaaak. ada kresna market, terus dahlia market apa ya kl gasalah hahaha pokoknya banyak kok, santai aja :D

Warnet dan jaringan 

HAHAHAHA kalo soal jaringan... kalian harus sedih... di pare susah banget sinyaaal. jd mau internetan pun susah. tp untunglah waktu itu di campku ada wifinya, jd aku beli wifi 20rb hahaha lumayan deh.

kalo pengen ke warnet, ada kok banyak. dan cepat jugaaa hehehe!

Tutor-tutornya

Wah, sudah pasti berkualitas dooong :D juga gak bikin boseeen, dan kebanyakan masih muda-muda hahaha. Ada yang 18 tahun loh tutornya, sekitar 5 orang gitu yg umur segituan. Duh, jd minder kan ya, mereka dedek-dedek tp englishnya super-jago. Lah aku? :))) senyumin ja. hahaha. terus yang lainnya yaa umur 20-28 an gituuu. banyak yang ganteng loooh, dan kece-kece :p kayak mister elga tuh ganteng (kata temenku wekeke) , mister fajar ini emang cool dan hot abis hahaha.____. , mister fahmi pinter ngerap wkwk gaul kan , terus mister ardi juga tampan , dannnn still many handsome n beauty tutor in there :p 

yaaa bisa buat cuci mata kan, siapa tau ada yang nyantol buat jadi menantu ibu kalian? ha. :))))

Suasana Kelas

Aku mau jelasin tentang suasana kelasnyaaaa.  HAHAHA. 

- KELAS VOCAB 2
Ini pagi-pagi jam 7, di male 7 tempatnya. Jadi itu camp cowok, tapi pagi-pagi kan sepi karena pada kelas... Nah, camp itu juga dijadiin kelas XD

Tutornya namanya Mr. Albet. Keceee hahaha pinter, mungil, unyu gituuuh. Aku sekelas sama banyak oraaang. Asik-asik. Vocab 2 tuh nambah banyak bgt kosakata, dan mulai ke arah berat-berat gitu. Kayak pas itu dibagi kelompok debat kan, tentang LGBT. Ya udah, kita debat ttg itu. Dan berhubung englishku paraaah, aku sering bgt asal ngomong sampai lupa aturan main kayak kalo debat gak boleh pake "i think..." "my opinion...." gituu haha dan aku selama debat asal ngomooong. -_- ga peduli grammar deh yg penting ngomong. Aku sering bgt kena bedak -_- bahkan aku pernah terlalu menggebu dalam debat sampe aku nelan bedak :' hiks asik bgt!

WKWK trs di kelas ini, aku diledek "mba cilacap" "mba ngapak" "mba jawa" dll hahaha. terus ada juga yg dr cilacap selain aku, namanya Ibnu. Jd, aku sm ibnu dikenal dengan Miss dan Mr Ngapak -_- hahaha dan aku dan ibnu kayak kucing dan tikus, apa-apa berantem melulu. ya intinya di kelas ini, heboh banget 'apalagi kalo ada aku' gitu katanya :p akakakak.

Terus aku jg suka godain Mister Albet alias tutornya sampe mukanya merah gitu ahahahaha! Top deh vocab sama beliau. Masih muda kok, sekitar 22 tahun gituuu! 

YEEEY hahaha.


- Kelas Pronunciation 1

Ini sama Mister Fatkur. Beliau jg masih mudaaa, 22 an gitu jugaaa. Enak siiih hahaha. Sebenernya aku pengen ambil Mister Fahmi karena itu terkenal enak, tp kuota uda abis.___. hahaha nothing special sih dikelas ini. Karena tiap hari belajar baca aja hahaha. tp ya asik sih asik :3 

Aku kebagian kelas Pronun di UK. Kayak outdoor gt tp ada gazebonya. WKWK ya gitudeeeh.

(itu foto aku dan gengku di kelas pronun haha udah sepi, tinggal kita doang xD )


- KELAS SPEAKING 1

Hahaha ini seru banget sumpah. Tutornya yaitu Miss Rindu--beliau pinter banget bawa suasana jadi asik! Kita sebelum materi selalu ada speak-therapy dulu, 3 menit gitu--misal pas itu dipasang-pasangin, terus kita suruh saling cerita in english absolutely tentang LDR, cinta bertepuk sebelah tangan, cinta tak direstui, dll pokoknya topik renyah dan ringan. 

Pas materi juga asiiik. Meskipun aku diledek karena lagi-lagi logatku :' akakak jd tiap aku maju speech, pasti semua ketawaaaa :"D gapapaaa tp aku seneng kok. Lagi-lagi miss rindu bilang, kalo aku pembawa keramaian, haha terus miss rindu sama mas jon bilang 'pipin itu cantik loh, manis dan ceria. cuma belum dewasa dan super pecicilan, cerewet. badan doang yang gede tp kelakuan bocah hahahaha' . antara terharu dan sedih :(:):(:)

Asikkk banget deh! Dan ada tutor yang bener-bener diincer nih di speaking, namanya Mister Nyom. Dia pinter banget. Tapi aku gak berani ambil Mister Nyom, soalnya meskipun speak 1, kita harus bisa ngmg apapun kayak speak 3 gitu. HAHAHA mana berani aku :((( tapi temen-temenku byk bangeeet yg ambil itu, katanya asik bgt dan bikin pinter :D 

Terus, Miss Rindu asik bgt orangnya. Bisa buat curhat apapun, dari pendidikan, cinta, sampe make up hahahaha. 

Pas ujian terakhir, kita suruh jadi presenter, terserah mau apa. trus aku jd presenter gosip yg bicarain Selena Gomez sama Nial 1D kissing .____. wkwkw trs aku sok centil gitu biar kayak pembawa acara gosip beneran :D sukses deh hahahaha.

(bedakku banyak :')


 (tired face and lepek-hair lol)


(uyee! aku sebelahan sama mba intan haha mirip juwita bahar, cantik gt ._. )
.
.

Intinya... Aku bahagia banget di kelas itu. Tiga kelas yang memberi kesan serta banyak pelajaran berbeda-beda. 

Dan aku sadar, waktu 2 minggu itu bener-bener singkat dan kurang. Dan buat selanjutnya, aku akan ambil periode 1 bulan deeeh! 

*
Aku juga mau cerita tentang sosok teman-teman baru yang kutemuin di Pare.

Mereka bikin aku sadar, kalau pertemanan gak harus saling kenal dalam waktu lama. Ya, buktinya di dua minggu, kita udah saling kenal, kita udah saling tau lebih dan kurang masing-masing. Mereka.... belahan jiwaku, keluarga baruku <3 hehehehehe...

(tim Meteora Ngapak hahaha)






1. Putri. 

Baik banget. Tapi lengob :)))) dia suka melakukan KDRT dengan menjambak-jambak, dan aku membalas dengan menarik kerudungnya .___. kita berdua selera humornya receeeeh bgt, yg garing dan 'ih apasih' gitu kita ketawain. Terus kita pernah jalan kaki jauh banget sampe tempat ketan susu, trs papasan sama temenku di kelas dan dia bilang 'kemaren si nyong sama temennya kurang kerjaan, kayak anak ilang jalan kaki panasan, kayak anak jalanan' :))))))

"Heh ngapak" "nyong.. nyong." "hooo kowe ki duobooole pol" "HA. so funny." "nyong arep meng ATM, kancani yaaa" "makan yuh" "ojo mulih ta nyooong" "nyong, inggrisku lebih pinter dari kamu besok" "ayo nambah 2 minggu lagi ta nyong" "beli dondin yuh" "aja wakapo baeee nyong bosen" "ta kejar hutangmu sampe surga" dll banyak banget.

Terus aku senang, virus bahasa banyumas alias ngapakku, tertular ke dia :)) padahal dia org surabaya, tp semua--dari para penjual hingga para pelajar-- mengira dia orang banyumas :) kawusss koe put :))

Terus aku punya utang 50rb ke dia. dan celana tidurku jg masih di dia. sbg pengikat biar kita ketemu lagi hahahaha:' terus dia pernah sakit perut sampe nangis kayak anak landak, dan aku bingung terus aku sok memberi perhatian gitu wkwk :"""")







Hiks </3 kangen putri lengob sangat.


2. Nanaaaa

Ini ratunya Wakapo... Hahaha asal sby juga sm kayak putri. Cuma nana kalem, cewek banget. Gak kayak putri yg otaknya rada miring :)) Nana baik terus sabunnya sering kupake, rinsonya juga, wkwkw aku benar-benar fakir, makasih nana save my lifeeee! Dia benar-benar excited kalau jalan-jalan lewat Saigon :)))) hahahaha. 

"pin jalan-jalan yuk" "rinsoku di keranjang" "iya ambil aja" "aaa saigon" "wakapo yuh" "gapapa, enak tau" "aku beli sariroti tadi" "aku pengen kesana tapi aku gapake kerudung" "eh masnya udah add lineku" "aku bbm sama itu tauu" blablablaaa nana nana hahahaha :D








3. Mba sofi/ Ka sofi/ Teh sofi

Hahaha anak bandung punyaaa :D baik, cantik, halus, dan dia suka menggunakan waktunya untuk me-time, jadi dia emg jarang gabung sama kita kalo kita lg ngerumpi hahaha. 

"aku nggak makan" "ayo kutemenin kalo mau makan" "pin bikinin caption pake ngapak dong" "yang penting punya pacaar" dll hahahaha :((





4. Ka anay / Kanay

HMMM :))) senyum dulu ah hahaha dia baik bangettt, koca--sebenernya dia gak ngelawak, tp gtw kenapa tetep ketawa hahaha soalnya kata-katanya antik. terus kisah-kisah dia juga antik. misal: pas gathering, dia kebagian anak saigon tapi jackpot :)) hahahaha . terus dia rivalku dalam hal diet. masa dia bilang "aku sarapan kok" eh ternyata, dia gak sarapan dan sengaja menjebakku biar sarapan. how kind you are, kanay :))

"aku makan kok" "beli leker gak ya?" "kalo kamu beli, aku beli deeeh" "ih curaaang!" "aku gak mau gathering lagi" "tenang, beratku masih jauh diatasmu pin" "besok ya kita ketemu lg aku udah baday" "yayaya hmmm" dll.. wakakakak . "nih kan, kalo difotoin pipin pasti jelek" "ah jangan, jangan" hahahaha :" 






5. Ka rika/ Mba rika

Hyaaaa. Nih anak UI nihh hahaha kece yaaa? Aslinya dr Jambiii. Dia ke pare sama ayangnya, cuma ayangnya bukan di lembaga Global-E. Karika unyuu hahaha, dia punya perut kayak burger. dia sering bgt ngedate sama yayangnyaaa.

"nih aku tiap pagi gini biar kurus" "mau jalan sama ayang riko" "semester depan insyaAllah ya" "aku sampe beli matras" "aku laper terus" "want to take a dump alias pup" "aku burger gapapa, yg penting punya pacar, lah kamu? -_-" wkwkwkw banyak bgttt. aku rindu :(


Naaaah...

6. Mas Lalu 

Selain  geng Meteora Ngapak, aku jg menemukan sosok baik bangeeeet. Aku ketemu dia pas gathering karena dia pasangankuuu dari Saigon. namanya Lalu, tapi aku panggilnya mas lalu. 

Dia baik bangeeet. pernah jemput aku terus bawain jus semangka. terus jogging bareng aku sekali doang sih.

Dia udah kayak kakak sendiri.  pas aku mau pulang, kita ketemu dulu dan aku galau, terus dia juga galau kayaknya? wakakaka. pokoknya aku pengen jadi adiknya diaaa, udah gt aja:(( 

selain baik, dia juga selalu positif thinking. bilang aku manis gula jawa, bilang kalo aku harus jadi diri sendiri, terus banyak pokoknya pelajaran yg aku dapet dari dia. hahaha dan aku sering curhat ke dia, tentang apapun, tentang kuliah, ttg mantanku, ttg aku yg susah move on dari seseorang sejak awal kuliah wkwk, tentang banyakdehhh. hahaha everything i told to him, and he always gave me advice for all of my problems-life. 

Gatau lg kapan bisa ketemu.... yang jelas, aku sangat bersyukur bertemu laki-laki sebaik dia!

(kita foto di kelas UK hahah)


Naaaah...

Selain mereka, ada lg nihhh, gengku di kelas, namanya GE-srek. Kita tuh baru kenal tp udah gatau malu, udah kayak gaada harga diri di hadapan satu sama lain hahaha. kita kalo makan bareng rebutan dan satu sendok buat barengan. aku dan fajar jadi paling bocah, makanya paling sering dibully dan paling dimanja juga akakakak :' terdiri dari: 



7. Mas Jon

Nama aslinya Zon, tapi aku susah nyebutnya. Jd aku panggilnya masjon :))) emang ya, nama sebagus apapun kalo ditelingaku gacocok, bakal jadi nama yg freak :)))

'apa sih lu' 'iya pipinnn' 'nih duitnya, sana jajan' 

baik sih, tampan dan berani serta macho wakakak, sudah om-om :p eee belum deeeng , jail , pernah kasih aku uang 10rb buat jajan haha bapak-able bgt yak , terus dia pernah blg 'jujur, kamu tu cantik pin, cuma belum dewasa aja. besok 5 tahun lagi aku cari kamu deh.' zzz terus aku bilang '5 tahun lagi aku udah cantik, aku udah gamau sama kamu masjon' :)) akakaka lucu sungguh. di foto, dia yg bertopi merah!

8. Mbatiwi

Dari Jayapura nih hahaha sering diledek 'wi, di sana ada mall gak?' hahaha dsb. dia baik kok, tp rada galak.___. wkwkw dia gak itungan, dan dia enak banget anaknyaaa :D trs dia kan ngekos kaan, kosnya tuh enak banget dan sukses bikin aku teler ngantuk xD

'pin ada masjon tuh' 'masjon apa mister albet hayo?' 'heh, ngantuk pasti' 'pipin kalo ga ngantuk ya laper, gitu mulu idupnya' 'nih raja ampat bagus banget' 'besok mau kemana?' dll

di foto, dia di belakag masjon, pake kerudung apa sih itu warnanya oren-oren creme atau apa itu deh wkwkw.__.

9. Mba aul

baik banget, dewasa, dan easygoing! mba aul kalo makan di satu tempat, soalnya mba aul kalo ganti-ganti tempat makan, bisa diare :3 

'kamu tu ga gendut loh' 'hahaha iya bisa bisa' 'selfi yuk pin' 'hmm pelan-pelan naik sepedanya ya' 'aku kemaren sakit pin jadi aku belum buat speech' dll. di foto, dia yg sebelahnya mbatiwi, kerudung cokelat xD

10. Mba Dessy

baik, dewasa, lembut, rada centil :p tp msh centil aku kok hahaha, cantik bangeeet, fansnya mr fatkur. doyan kentut :p mba dessy suka manggil aku ichy-girl alias cewe gatel karena aku punya  keahlian menggoda para pria akakakaka-_-

'dont call me mba kentut' 'heh ichy-girl' 'ganjeeen pipin' 'pipinnn' 'wah, selangkah lg padahal ya?' 'cieee pipin' 'pin, kayaknya *piip* baper sama kamu deh' 'iyaaa, kamu yang semangat ya kuliahnya' 'doain aja' dll deh..

di foto, mba dessy sebelahnya mbak aul :p

11. Fajar

Ni dia niiih! bocah bgt padahal uda mo lulus kuliah! anak HI busetdah pinter hahaha. jakarta punyaa. dan dia suka bgt ngebully aku-_-

'lu kalo ke jakarta gausah nyamperin gue ya, gue malu, ntar disangka bawa mbak mbak warteg' -_- 'kita baru kenal udah gini yak? hahaha' 'gue ngantuk anjir' 'berisik lu' 'lu waras gak sih pin?' 'ye, udah lo pulang aja sono gak usah balik' -_______- 'halah bodo, lu cemen pin cuma 2 minggu doang' 

di foto, dia sebelahnya mbadessy!

12. Mba elyn

baik banget, keibuannnn that's why i like her so muchhh, dia jg tinggal di meteora tapi di lantai bawah, dia suka memanggilku hairmouse karena rambutku selalu lepek like a mouse, cantik, dan dia calon perawat!

'iya, soalnya pipin emang bocah banget' 'yah, besok kalo pipin balik sepi deh' 'heh, hairmouse!' 'where's your mister albet?' 'selfie yuk' 'iya kalo di jogja kita ketemuan deh yaaa' 'semoga bisa ketemu lagi'

mba elyn di foto pake kerudung hitam, sebelahnya fajar.

13. Mas coco

namanya rico, tp lagi-lagi aku mengubahnya dengan mascoco :))) baik banget, suka membully juga, soulmatenya fajar, ala-ala smash gitu kek boyband dia hahaha, pathnya hitz banget yg love superbanyak, keknya dia calon2 artis gitudeee hahaha.

'heh ngapak' 'you're look beautiful today' 'yah besok mba jawa pulang yaaa' 'sini sini gue suapin' 'beli aja ramennya!' 'pulang aja sono' dll :)))

di foto, dia paling pojok, sang pemegang kamera..











Selain merekaaaa....

Ada juga 2 roomateku. 

14. Mba vivin

dia baik super, tapi galak kalo bangunin pagi-pagi hahaha, sering curhat sama aku dan mbatika, sering ngingetin dan kasih nasihat buat akuuu :D

'heh bangun!' 'please speak english' 'mandi piiin' 'mager melulu nih anak' 'iya, tutup pintunya terus kita cerita' 'aku udah bangunin kamu tadi lho' 'mandi sana ntar antri' 'pin bajumu yg mana?' 'nih anak cantik tp males' dll.... 

15. Mba tika

depok punya hahaha. cantik bgttt, baik, sosweet sm pacarnya, partner curhat jg sama mbavivin, males bangun pagi sm kayak aku hahaha.

'iya dek, jadi tuh....' 'si piiip playboy de' 'hahaha aku males bangun' 'aku berangkat ya, kunci dibawah keset' 'titip bubur ya' 'dek kamu kemaren ke malang abis berapa' dll.... :D



Daaan msh banyak temen-temen yg lainnyaaa. Kayak mba nina, mba aida, mba dinka, mba dina, dina kecil, mba evi, mba april, mba yayi, mba aul, terus mba intan yg kayak juwita bahar, zahra, dek ina, latifa, terus si sakina mawadah waromah wkwkw, terus ibnu, emil, dan lain-lainnn. msh banyak bgt tp aku gbs ceritain semua krn tanganku keritiiiing.



(ini kita nangis-nangisan, pas nganter aku ke depan camp pas aku mau pulang) hiks momen tersedih </3


DAH YAAAA. Aku baper nulis ini. Aku berkaca-kaca wkwkw sumpah gak boong. Hmmm pengen ngulang lagiii di pare sama mereka-mereka :( semua berkesan. dari hal kecil sampe hal besar, semua membekas. dan yang bikin aku sedih, kita gatau kapan kita bertemu lagi dengan orang-orang yang baru sejengkal waktu kita temui, dan kita sudah sayang setengah mati. hahaha quotesku :(((( 

Intinyaaa... Thankyou Pare, Thankyou to all of my bestfriend, my second family. U gave me so many experiences, many precious things that i didnt get it before, much love, and tons of happiness. See u on top, and remember that u always in my heart, forever and ever. 



-ervina dyah pratikaningrum, 2feb2016-

























Komentar

  1. Woow seru banget margareta !! Jadi pingin nihh, btw pulang dari pare dapet cowok idaman ga? :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa itu margareta? :))))) cowok idaman tetep pepsye kok gaada yg berubah :))

      Hapus
  2. Luar biasa :)
    Menginspirasi :)

    BalasHapus
  3. Luar biasa :)
    Menginspirasi :)

    BalasHapus
  4. POST INI AKAN SAYA LAPORKAN KEPADA KEPOLISIAN KARNA MENCEMARKAN NAMA BAIK SAYA !
    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK
    SO FUNNYYYYYYY ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. gausah ada post ini juga kelengobanmu udah mencemarkan nama baikmu sendiri ngobssss :""""""""""" wakakakka

      Hapus
  5. daaaaannn banyak bangeett tulisannya hahahaa. truuss aku cuma baca sekelebat aja wkwkwk tapi maaciiii untuk komenan ttg aku nya yahh hemmm partner diet kuuh. Dah kangen sama kamu dan kengapakanmuuu. Mo maiin dong ke nusa kambangannn :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKKWKWKWKWKKWK kanaaaaaaay kangen maksimaaaal aku rindu kamu astagaaa :(((( sini ke nuskam, terus kukurung kamu di penjaranya biar gak bisa pulang hahahhaa

      Hapus
  6. Pin, aku orangnya sering males malesan kalo suruh baca *kecuali komik lo ) jadi aku cuma liat foto foto nya aja. Gapapa lah ya.
    Btw Gl*balE itu semacam course apa paket piknik yak ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. :))) makasi loh ya uda liat fotonya dan tau betapa kurusnya aku

      Hapus
    2. Apa apaan maksa orang suruh baca pdhl orangnya males baca :)))
      Kalo ditanyain tu dijawab malah betapa kurusnya aku :))

      Hapus
    3. Apa apaan maksa orang suruh baca pdhl orangnya males baca :)))
      Kalo ditanyain tu dijawab malah betapa kurusnya aku :))

      Hapus
    4. jangan syirik wahai wanita ular bin chaqi. karena aku kurus memang fakta adanya saat ini :)))

      Hapus
  7. Pipiiiiiiin mau membuka semua aibkuuu, dan semua utu harus ada hukumannya ⚠⚠tapi itu tak mengurangi kangenku hikz..aku rindu omongannu tentang ocd yg just wacana setiap hari, Aku kangen janji kanji mu,pingin boncengan alay lagiii wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. NANAEEEE! hukumannya pas kita ktm lagi yaa, sbg pengikat :p hahahaha harus terulang lg ya naaa semua ituuu Xoxo

      Hapus
  8. seneng banget baca pengalaman pinpin di pare......yei liburan semster depan mau lagi ya???

    BalasHapus
  9. huh foto beta cuma ada 1, beteeeee
    tambahin yg banyaaaaak, hahaha

    BalasHapus
  10. kenapa namamu jadi margaret pins? :D jadi kebayang angeline :"
    diarymu tentang pare ini bikin aku makin pengen kesana piin. ayo kapan kalo kesana lagi ajakin aku, pengen liat juga seberapa "boom" nya pinsky jombsku disana :p pengen liat cowo2 saigon juga, pengen diajarin mentel sama kamu :p :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo kesanaaa:p hhhhhhh aku belajar mentel jg dr kamu kan awwiiniiih:333 btw aku lebih seksi lbh cantik lbh berhati kapas dr mamake angeline:"((

      Hapus
  11. Yohoooo... selamat petang.. saya mau tanya nih... adakah alasan khusus yang membuat daffodils dikasih keterangan top banget speakingnya?? terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas:) aku gatau knpp sih, tp dr jaman dulu emng daffodils terkenal bgt di speakingnya.. hehe pernah denger sih katanya sering ikut kompetisi gt, tp aku jg kurang tau sihh maaf yaa gak membantuuu jawabanku:(

      Hapus
  12. Hai ervina, aku tika dari bekasi. salam kenal ya, aku baca blog kamu menarik banget. Mau tanya banyak nih tentang info global pare dan sekitarnya. Lebih tepat nya sih tentang kosan gitu. Kalo berkenan aku boleh minta kontak kamu ga. Email line atau apa gitu hehe. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo tika, salam kenal juga! hehe boleeh kokk line aku ervinadyp . feel free to ask:) samasama tikaaaa

      Hapus
  13. Hi kk bleh tanya2 tentang global E gk
    Please respond me

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeeh, bukannya km udah ngeline aku ya dek? wkwk sorry baru lihat komen kamu :p

      Hapus
  14. Kak, jadi gimana setelah belajar di global e ?

    BalasHapus
  15. Ada info kontak admin global E ngk mba??
    Pengen dftr online tpi slow respon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh gapunyaa. Daftar online aja lgsg di globalenglishpare.com , kalo ga kampunginggrispare.com :)

      Hapus
  16. Hay kak, saya juga berminat loh untuk kursus di GE. Boleh mnta kontaknya gak kak? 😊 pgn tau lbih bnyak tntng GE 😊

    BalasHapus
  17. Hay kak, saya juga berminat loh untuk kursus di GE. Boleh mnta kontaknya gak kak? 😊 pgn tau lbih bnyak tntng GE 😊

    BalasHapus
  18. New reader.
    Kak mau nanya. Kakaknya dulu ngambil satu bulan itu bayarnya berapa? Itu sudah sama camp kah?
    Aku mau nyoba di sana karna mau lebih bisa menguasai bhasa inggris.
    Tolong dibalas ya
    Terima kasih

    BalasHapus
  19. Saya membacanya sampai habis mbak, hihig seru. Saya sudah daftar online di GE. Jdi sbelum brangkat di tgl 10 cari pelajaran dlu tentang GE. Mohon petuah lanjutannya lagi kalau ada tips lainnya. Salam kenal. Ay

    BalasHapus
  20. Mau tanya nih setelah les di kampung pare itu makin jago ga bahasa inggrisnya? Ada perubahasan besar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aku dulu cm 2 mggu jd aku ngerasa biasa aja, cmn sedikit lbh pede kl bicara english.. Perubahan signifikan sih enggak terlalu ya. Mgkn kalau sebulan atau lbh baru berasa :)

      Hapus
  21. Kamu kelas toefl atau ielts di GE mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kelas yg basic2 gt kok kak kayak vocab pronoun speaking :3

      Hapus
  22. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/belum-menemukan-jodoh-cek-usia-rata.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/jus-pare-campur-jahe-pelihara-kesehatan.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/vivo-apex-punya-kamera-selfie.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus
  23. hallo, kalo ke nge camp di pare 2 minggu kira" bajet nya berapa ya?(untuk hidup aja:v, ngecamp sm lembaga nya gausah diitung)

    BalasHapus
  24. Sumpah gue deg deg an nih bsk mau kesanaa:( antara excited sama takut karna jauh:((
    Btw penasaran dehh kok bisa jalan ke malaangg? Transport dll nya gmnn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sama besok mau ksna jg dan ngerasain deg2an

      Hapus
  25. Kak kalo boleh tau ada program apa aja di camp selain english area

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW ROREC / BIOAQUA / IMAGES SHEET MASK - MASKER MURAH MERIAH (Masker Kertas dari China!)

HAIIII! Kali ini, aku bakal review tentang sesuatu yang lagi BOOMIIIING bangeeeet! Yaitu..... SHEET MASK!  Yeeeeeyyy *tepuktangan* Aku termasuk salah satu manusia yang lagi terobsesi banget sama masker, apapun itu. Mulai dari sheet mask, masker bubuk, sampai segala-gala masker mau gimanapun bentuknya, aku lg suka banget! Kenapa sih sesuka itu sama masker? Karena, "mereka" bener2 terbukti bikin wajah aku cerah & ga buluk lg, serius deh :3 Nah sekarang, aku akan review sheet mask yang lain daripada biasanya. Biasanya kan orang-orang pada review masker dari Korea kan, kayak innisfree, tony moly, etude house, dll.... Kalau aku mau review masker murah meriah dari negeri China. Yaitu... ITU DIAAAA! Ada merk: ROREC, BIOAQUA, dan IMAGES! Packagingnya lucuuu bangeet. Dan ada yg kemasannya mirip masker Korea :---3 Harganya? Cuma sekitar 4000-6000an aja. Pas itu aku beli di Shopee dan di Instagram. Buset, murah banget, kan? Awalnya ya, awalnya..... Aku tak

Review FACE TONER VIVA GREEN TEA

Haloooo! Kali ini aku akan bikin review singkat tentang toner terbagus menurutku, yang benar-benar jadi holly grail buatku selama ini! Yap, dia adalah toner Viva, varian Green Tea. Tadinya aku sempat berpikir mau mencoba toner korea atau lain-lainnya... Tapi gak jadi... Dan sekarang 'gak mau' ganti toner.... Karena udah sesayang ini sama si Viva Green Tea! Keunggulannya: - Murah! Cuma 5000an! - Mengurangi minyak, tanpa bikin kering - Bikin kulit segaaar dan rileks - Bagus buat mengangkat kotoran - Mengurangi bruntusan dan ga bikin jerawatan - Non alkohol! Kekurangan: GAK ADA Repurchase: PASTI! Rating: 4,9/5 Sekian review singkanya, semoga bermanfaat! :)